Pentingnya Referensi

Pentingnya Referensi

Kalau kamu pernah menulis, apalagi suka membuat tulisan tentang berbagai hal, pasti sedikit banyak mengetahui tentang referensi ini. Karena pasti kamu butuh tulisan lain yang bisa mendukung apa yang sedang kamu tulis. Secara sederhana, memang itu definisi dari referensi.

Sumber Gambar : Pixabay.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), referensi /re·fe·ren·si/ réferénsi/ n1 sumber acuan (rujukan, petunjuk): kamus dapat dipakai sebagai bahan –;2 buku-buku yang dianjurkan oleh dosen kepada mahasiswanya untuk dibaca: buku wajib dan buku — tersedia lengkap di perpustakaan;3 buku perpustakaan yang tidak boleh dibawa ke luar, harus dibaca di tempat yang telah disediakan; 4 Ling hubungan antara referen dan lambang (bentuk bahasa) yang dipakai untuk mewakilinya.

Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia, referensi atau yang biasa disebut Rujukan adalah sesuatu yang digunakan pemberi informasi (pembicara) untuk menyokong atau memperkuat pernyataan dengan tegas.

Jadi, sudah jelas ya, referensi ini adalah berbagai tulisan, buku atau jurnal yang bisa mendukung isi tulisan kamu, supaya apa yang ditulis mendapat penguatan dan bukan hanya karangan semata.

Referensi memang penting dalam khasanah ilmu. Karena dengan sumber referensi yang baik dan benar, tulisan kita layak dipercaya kebenarannya. Dan bisa saja akan menjadi rujukan untuk tulisan oleh penulis lainnya.

Banyak cara untuk mencari referensi ini. Bisa dengan membaca buku sesuai tema terkait atau yang umum dilakukan sekarang, yaitu broswsing internet.

Dunia memang kian canggih dengan makin mudahnya kita mendapatkan beragam informasi. Namun, selektif dan Clear on Clear (CoC) atau Check and Recheck (CaR) menjadi poin penting untuk mendapatkan referensi yang bisa dipercaya.

Akhirnya, selamat berburu referensi yang qualified, ya. untuk membuat tulisanmu lebih bermutu dan layak dipercaya serta dapat dipertanggungjawabkan.

Referensi :

  1. https://kbbi.web.id/referensi
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Rujukan
  3. http://lampu-islam.com/pentingnya-referensi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply