Tentang belajarepidemiologi.com

Tentang belajarepidemiologi.com

Awalnya, saya membuat blog ini, sebagai dedikasi terhadap jabatan Epidemiology Kesehatan yang saya sandang. Dan dalam rangka berbagi pemikiran mengenai epidemiologi dan kesehatan kepada masyarakat luas.

Setelah beberapa kali postingan, saya menjadi sedikit terkejut melihat jumlah viewer untuk setiap jurnal yang diposting di sini. Ternyata, lumayan juga peminat dari judul-judul tertentu.

Terakhir, saya perbarui kategori tulisannya menjadi, Tentang Epidemiologi, Referensi Untukmu, Bersahabat dengan Penyakit, Outbreak di Sekitar Kita, Tips Sehat Bugar, Herbal dan Tahukah, Kamu?

Postingan ini saya masukkan dalam kategori “Tahukah, Kamu”, supaya pembaca blog ini menjadi tahu, kenapa blog ini dibuat dan apa saja jenis tulisan yang bisa ditemukan di sini.

Yuk, kita bahas satu persatu.

1.Tentang Epidemiologi

Sumber : Modifikasi PicsArt

Kategori ini saya pilih untuk jenis tulisan yang menceritakan mengenai ilmu epidemiologi dan pengejawantahannya melalui seminar, webinar atau training. Termasuk postingan mengenai aktivitas yang dilakukan sebagai seorang epidemiolog kesehatan, serta tindakan atau intervensi epidemiologis terhadap suatu kejadian (utamanya kejadian luar biasa).

Pastinya beragam, ya?

Dengan kategori tentang epidemiologi ini, saya berharap masyarakat semakin tahu mengenai epidemiologi dan ikut berkontribusi dalam pelaksanaan intervensi.

2. Referensi Untukmu

Sumber : Pixabay.com

Berdasarkan KBBI V 0.4.0 Beta (40) yang dikeluarkan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud RI, referensi adalah: 1. n sumber acuan (rujukan, petunjuk); 2. n buku-buku yang dianjurkan dosen kepada mahasiswanya untuk dibaca; 3. n buku perpustakaan yang tidak boleh dibawa keluar, harus dibaca di tempat yang telah disediakan.

Kategori “Referensi Untukmu” saya masukkan sebagai salah satu kategori dalam blog ini, dengan dasar bahwa untuk belajar mengenai epidemiologi, melakukan tindakan epidemiologi dan mengembangkan ilmu epidemiologi, selalu butuh referensi. Sehingga setiap postingan dengan kaitan referensi ditujukan untuk memudahkan teman-teman melakukan semua kegiatan tadi.

Begitu pun jika butuh makalah atau jurnal untuk penelitian yang akan teman-teman lakukan, akan share di sini juga. Atau, jika ada yang membutuhkan referensi tertentu sehubungan dengan penelitiannya, bisa selalu mengontak saya di sri.prihatiningsih.5872@gmail.com – FB: Sri Prihatiningsih atau IG: belajar.episemiologi

Jangan sungkan, ya …

3. Bersahabat dengan Penyakit

Sumber: Modifikasi PicsArt

Hmmm … ada yang protes dengan judul kategori ini? Bersahabat, kok dengan penyakit? Apa tidak salah, tuh?

Hehehe, iya. Tidak salah. Saya menyarankan kita bersahabat dengan penyakit, supaya termotivasi untuk mencari tahu mengenai penyakit yang sedang diderita, sehingga bisa segera mencari solusi pengobatan dan perawatannya.

Sebab, hanya dengan bersahabat, kita biasanya lebih care dengan segala sesuatu terkait sahabat kita. Benar atau benar?

Jadi, jangan apriori lagi dengan kategori ini, ya? Karena tujuannya adalah untuk memberi tahu semua, beragam informasi tentang penyakit dan segala yang terkait dengannya. Untuk diambil sisi lemahnya dalam rangka mengintervensinya.

Paham, kan?

4. Outbreak di Sekitar Kita

Sumber: Shutterstock.com

Ada yang belum tahu tentang outbreak? Ini memang dari bahasa asing. Istilah Bahasa Indonesia-nya adalah Kejadian Luar Biasa (KLB). Ada juga yang menyebutnya dengan wabah. Sebenarnya hampir sama. Namun, outbreak lebih terkesan baru saja terjadi dan dengan cepat.

Jadi, kategori “Outbreak di Sekitar Kita” ini menyajikan jurnal mengenai outbreak yang pernah terjadi di sekitar kita di seluruh dunia. Kenapa penting? Sebab, dalam bidang epidemiologi, mengetahui bahwa satu penyakit pernah menjadi outbreak di suatu wilayah, akan memudahkan untuk menemukan penyebab dan menentukan solusi penanggulangan dengan relatif lebih cepat. Sehingga bisa segera membuat rekomendasi Pengembangan program pengendaliannya pula.

Begitu, ya. Mudah-mudahan sepakat dengan penjelasannya.

5. Tips Sehat Bugar

Sumber: Pixabay con

Yes. Karena epidemiologi biasa dihubungkan dengan sehat dan kesehatan, maka “Tips Sehat Bugar” perlu diposting juga di sini. Apalagi tagline blog ini pun lebih sehat, lebih Bahagia. Supaya selain bisa mengantisipasi penyakit, dengan tips sehat bugar, teman-teman juga bisa mengetahui gaya hidup sehat dan menyehatkan. Soal, mau dipilih dan dijalani atau tidak, diserahkan kepada kalian semua. Sebab, kami hanya memberikan informasi. Mengenai tindak lanjutnya, terserah kamu.

Setuju, kan?

6. Herbal

Sumber Pixabay.com

Nah, kategori ini pun masih berhubungan dengan dunia epidemiologi. Untuk hidup sehat dan menyenangkan adakalanya butuh suplemen untuk tambahannya.

Di sini lah fungsinya kategori “Herbal” disematkan. Sebagai rujukan untuk mencari pengobatan herbal atau bahan-bahan herbal yang dipercaya bisa men-treatmen kondisi yang tidak sehat.

Semoga bermanfaat, ya?

7. Tahukah, Kamu?

Sumber: Pixabay dimodifikasi dengan PicsArt

Sedangkan kategori “Tahukah, Kamu?” dimaksudkan untuk menyampaikan beragam hal, yang terkadang menjadi pertanyaan kita atau mengulik rasa penasaran.

Dan semoga apa yang tersaji, memang informasi yang kamu butuhkan.

Referensi:

  1. Gambar referensi Untukmu diunduh dari https://pixabay.com/id/photos/kacamata-baca-belajar-buku-teks-272401/
  2. Gambar Tops Sehat Bugar diunduh dari https://pixabay.com/id/photos/perubahan-gaya-hidup-pisang-diet-1430599/
  3. Gambar untuk Herbal diunduh dari https://pixabay.com/id/photos/rempah-rempah-guci-memasak-pedesaan-2548653/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply