ASEAN Dengue Day

ASEAN Dengue Day

Baru tahu, ternyata Hari Dengue ASEAN diperingati pada tanggal yang sama dengan Anniversary kami, yaitu setiap tanggal 15 Juni.

Tahun ini, peringatan ASEAN Dengue Day mengambil tema “Dengue in the age of Pandemic : New Era” Maksudnya, Dengue di masa pandemi adalah era atau jaman baru.

Sejalan dengan tema di atas, peringatan ADD (ASEAN Dengue Day) di Indonesia mengajak segenap komponen bangsa untuk meningkatkan upaya promotif dan preventif terhadap penyakit infeksi dengue di Masa pandemi Covid-19 serta tatanan normal baru dengan motto “Cegah Dengue dari rumah Kita dengan menerapkan PSN 3 M Plus” namun dengan tetap memperhatikan protokol Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Sudah familiar dengan istilah PSN dan 3 M plus, kan?

Benar. PSN adalah singkatan dari pemberantasan sarang nyamuk. Yaitu kegiatan untuk menghilangkan lokasi, area dan tempat-tempat yang bisa dijadikan tempat bersarang nyamuk. Jenisnya banyak. Yang jelas, setiap tempat atau wadah dengan ukuran berapapun, yang bisa menampung air bersih, dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti. Seperti tempayan, bak mandi, tempat minum burung, wadah curahan air di dispenser, pot bunga, talang atap rumah, ban-ban bekas, sampah gelas plastik dan masih banyak lagi benda yang dapat menjadi tempat perindukan nyamuk.

Sumber Gambar : Buku saku Sekolah Bebas Jentik

Lokasi-lokasi habitat nyamuk tadi, bisa diberantas atau dihilangkan dengan cara 3 M plus. Yaitu menutup, menguras dan mengubur plus mencegah gigitan nyamuk dengan menggunakan kelambu saat tidur dan lotion anti nyamuk ketika tidur atau saat berkegiatan.

Sumber Gambar : Buku Saku Sekolah Bebas Jentik

Kita semua bisa berperan memutus rantai penularan penyakit infeksi dengue ini, dengan cara memantau setiap sudut rumah masing-masing dan memastikan tak ada genangan air di sana, yang memungkinkan nyamuk untuk bertelur dan berkembang biak. Semua pasti bisa, jika punya niat berkontribusi.

Sekecil apa pun upaya yang Kita lakukan, semoga bernilai ibadah yang menjadi pahala Kebaikan kita.

Jadi, jangan kecil hati ya. Semua punya peran dan semua bisa membntu proses pemutusan rantai penularan DBD ini.

Yuk, bismillah aja. Kita mulai saat ini, dari diri Kita sendiri dan mulai di rumah Kita sendiri.

#aseandengueday

#gerakanpemberantasansarangnyamuk

#janganbuatnyamuknyamandirumahkita

#yukjadipahlawanpemberantasdbd

Referensi :

  1. https://asean.org/asean-dengue-day-age-pandemic/#iLightbox[gallery94499]/0
  2. Buku Saku Sekolah Bebas Jentik yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka.
  3. Buku-Buku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DBD

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply