Waspada terhadap Intaian Penyakit Akibat Kerja

Waspada terhadap Intaian Penyakit Akibat Kerja

Pagi hari ini saya terlambat bangun. Tepatnya Jam 3.25 saya baru membuka mata lebar-lebar. Itu pun akibat suara berisik pompa air tetangga. Padahal Saya belum menanak nasi untuk sahur. Juga memasak lauknya dan tambahan lainnya. Namun, itu bukan satu-satunya masalah di awal hari. Saya harus bersusah payah bangun dari peraduan akibat sakit kepala di bagian dahi dan rasa berputar yang menganggu keseimbangan. Suami yang mengetahui kondisi Saya, berusaha mencari tahu.

“Kenapa, say? Vertigo?” Dia bertanya hati-hati.

“Sakit kepala.” Saya hanya menjawab singkat sambil berpikir, apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi.

“Memang habis apa?” Pertanyaannya membantu saya mengingat apa yang sudah Saya kerjakan selama dua minggu ini.

“Kayaknya gara-gara beberapa hari full menggunakan netbook dan hape untuk bekerja. Termasuk melakukan absensi dan menginput kegiatan sehari-hari.” Saya menjawab sambil menginat-ingat, karena beberapa hari terakhir, memang intens berinteraksi dengan netbook dan hape untuk aktivitas pekerjaan.

“Waah, itu termasuk penyakit akibat Kerja!” Seruan suami membuat saya sedikit tercenung. Apa iya?

Apa itu Penyakit Akibat Kerja

Karena penasaran, Saya langsung googling informasi yang diserukan suami, bahwa sakit kepala dan pening yang saya derita merupakan penyakit akibat kerja.

Ternyata ada beberapa artikel yang membahas tema ini, salah satunya yang dimuat di Kompasiana.com. Namun, karena pembahasannya berdasarkan satu judul buku, yaitu “Penyakit Akibat Kerja – Berbagai Penyakit Akibat Lingkungan Kerja dan Upaya Penanggulangannya” yang ditulis oleh Dr. dr. Anies M.Kes., PKK.

Di buku ini dijelaskan bahwa penyakit akibat kerja adalah penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan, alat kerja, bahan, proses maupun lingkungan kerja. Memang luas sekali bahasan yang termasuk dalam definisi ini, ya. Sehingga pertanyaan selanjutnya adalah, apakah sakit kepala dan vertigo merupakan penyakit akibat kerja?

Penyebab Penyakit Akibat Kerja

Sesuai definisinya ada beberapa penyakit yang disebabkan pekerjaan, alat, bahan kerja, proses maupun lingkungan kerja. Jadi, ternyata di tempat kerja terdapat faktor-faktor yang menjadi sebab penyakit akibat kerja (Waldron, 1990; Levy, 1988; Suma’moer, 1979), yaitu:

  1. Golongan Fisik, seperti suara, suhu dan tekanan udara.
  2. Golongan Kimiawi yaitu debu, uap, gas, larutan dan masih banyak lagi.
  3. Golongan Infeksi yaitu bakteri, virus, parasit maupun jamur.
  4. Golongan Fisiologis karena kesalahan konstruksi mesin, sikap badan yang kurang baik atau salah dalam cara melakukan pekerjaan.
  5. Golongan Mental Psikologis akibat stress dan depresi karena pekerjaan

Nah, dari penyebab penyakit akibat kerja di atas, kira-kira gejala yang saya alami masuk kriteria yang mana?

Yup, sepertinya sakit kepala dan vertigo karena menggunakan komputer terlalu lama, termasuk dalam penyebab fisiologis. Kita cek bareng, yuk.

Penyakit Akibat Kerja karena Penggunaan Komputer

Penggunaan komputer dewasa ini mengalami perubahan yang pesat sejak ditemukan pertama kali di abad 20. Namun, intensitas pemakaiannya untuk berbagai kegiatan menyebabkan beberapa kelainan atau gangguan fungsi dalam tubuh penggunanya. Kelainan ini juga termasuk dalam penyakit akibat kerja.

Berdasarkan beberapa penelitian mengenai penyakit akibat kerja yang terjadi

Referensi

  1. Anies, Dr. dr. M.Kes. PKK. 2005. Penyakit Akibat Kerja – Berbagai Penyakit Akibat Lingkungan Kerja dan Upaya Penanggulangannya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
  2. Adhi, Irawan Sapto. 2020. “5 Golongan Penyebab Penyakit Akibat Kerja” Kompas.com, 7 April 2020, dilihat 14 April 2021. <https://amp-kompas-com.cdn.ampproject.org/v/s/amp.kompas.com/health/read/2020/04/07/100100368/5-golongan-penyebab-penyakit-akibat-kerja?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQHKAFQArABIA%3D%3D#aoh=16184695978485&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s>
  3. Putri. Nina Hertiwi. 2020. “Waspadai Penyakit Akibat Kerja yang Sering Menyerang Karyawan”. SehatQ. 13 April 2020. Dilihat pada 14 April 2021. <https://www-sehatq-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.sehatq.com/artikel/waspadai-penyakit-akibat-kerja-yang-sering-menyerang-karyawan/amp?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQHKAFQArABIA%3D%3D#aoh=16184695978485&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Fartikel%2Fwaspadai-penyakit-akibat-kerja-yang-sering-menyerang-karyawan>

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Bulan Peringatan untuk Banyak Kondisi Kesehatan | Belajar EpidemiologiApril 18, 2021 at 1:35 pmReply

    […] Waspada terhadap Intaian Penyakit Akibat Kerja […]

Leave a Reply