Bulan Peringatan untuk Banyak Kondisi Kesehatan

Bulan Peringatan untuk Banyak Kondisi Kesehatan
Dokumentasi Pribadi

Tahukah kamu — karena saya sendiri pun baru menyadari — bahwa Bulan April ini ternyata sebagian besar harinya merupakan peringatan untuk beberapa kondisi kesehatan dan hal terkait kesehatan. Sebut saja diabetes mellitus, demam berdarah, malaria, hemofili termasuk Keselamatan kerja, dan masih ada beberapa kondisi kesehatan atau penyakit yang peringatannya terjadi di Bulan April. Yuk kita cek bareng.

Tanggal 2 April, Hari Peduli Autisme Sedunia

Tanggal 2 April ternyata diperingati sebagai hari peduli Autisme Sedunia. Penentuan peringatan ini digagas dan disahkan oleh PBB untuk mengingatkan perlu adanya kesadaran dan dukungan masyarakat terhadap para penyandang Autisme untuk mempunyai hal yang sama dengan yang lain untuk menjalani kehidupan.

Hari Peduli Autisme ini diusulkan oleh Wakil Delegasi PBB dari Qatar — Nassir Abdelaziz Al-Nassir yang di negaranya dikenal sebagai aktivis pembela hak asasi penyandang cacat. Usulan ini kemudian disetujui dengan suara bulat oleh 50 perwakilan negara lainnya sehingga akhirnya tanggal 2 April diperingati sebagai hari peduli Autisme.

Tanggal 7 April, Hari Kesehatan Internasional

Sebagai seorang tenaga kesehatan, Saya malah baru tahu beberapa hari lalu, bahwa tanggal 7 April diperingati sebagai hari kesehatan Internasional. Mungkin karena terbiasa memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November, sehingga hari kesehatan internasional ini luput dari perhatian.

Peringatan hari kesehatan internasional ditetapkan oleh WHO pada tanggal 7 April, karena pada hari itulah — di tahun 1948 –diselenggarakannya pertemuan dunia kesehatan pertama oleh WHO. Sedangkan peringatan pertama hari kesehatan internasional setelah penetapannya terjadi pada tahun 1950.

Tanggal 11 April Hari Kanker Tulang Sedunia

Hari kanker tulang sedunia diperingati setiap tanggal 11 April dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kejadian kanker tulang.

Tanggal 17 April, Hari Hemofili Sedunia

Pada tanggal 17 dunia memperingati hari hemofili yang digagas oleh WFH — World Federation of Hemophily dalam rangka mempromosikan upaya global untuk memberikan treatment yang efektif untuk penderita hemofili. Pemilihan tanggal 17 ini sebagai penghargaan terhadap Frank Schnable sebagai pendiri WFH.

Tanggal 18 April, Hari Diabetes Mellitus

Peringatan hari diabetes Nasional dilakukan setiap tanggal 18 April. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya diabetes dan pentingnya mengendalikan kadar gula darah agar tidak berkembang menjadi penyakit diabetes melitus.

Tanggal 22 April, Hari Demam Berdarah Dengue Nasional

Hari demam berdarah dengue Nasional diperingati setiap tanggal 22 April untuk mengingatkan semua tentang Bahaya penyakit dem berdarah sekaligus untuk meningkatkan kesadaran agar berkontribusi aktif dalam menurunkan angka kejadian kasus DBD.

Baca Juga : Ada yang perlahan-lahan naik.

Tanggal 25 April, Hari Malaria Sedunia

Peringatan terhadap penyakit malaria dilakukan setiap tanggal 25 April. Ini dilakukan dalam rangka mengingatkan masyarakat untuk mendukung aktivitas mencegah dan mengendalikan malaria.

Indonesia sendiri akan mencanangkan bebas malaria pada tahun 2030, sehingga momen peringatan ini dapat dimanfaatkan untuk menggalang peran serta masyarakat dalam mewujudkannya.

Tanggal 28 April, Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional

Tanggal 28 April diperingati sebagai hari kesehatan dan keselamatan kerja internasional atau world day for safety and health at work. Yang merupakan kampanye internasional untuk mempromosikan kesehatan dan keselamatan kerja.

Hari itu juga diperingati sebagai international workers memorial day atau international commemoration day (ICD) for dead and injured. Sebagai peringatan atas tingginya tingkat kecelakaan kerja dan resiko kesehatan bagi pekerja.

Baca juga: Waspada Intaian Penyakit Akibat Kerja

Tanggal 29 April, Hari Posyandu

Hari Posyandu memang bukan peringatan terhadap kondisi kesehatan. Tetapi Posyandu yang merupakan kependekan dari Pos Pelayanan Terpadu pertama dibentuk untuk melaksanakan program kesehatan. Hingga kini, Posyandu selalu menjadi salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat agar bisa memberikan pelayanan kesehatan dasar.

Jadi, walaupun bukan merupakan peringatan terhadap penyakit atau kondisi kesehatan, Hari Posyandu tetap berhubungan dengan ranah kesehatan.

Baca juga: Menapis Masalah Kesehatan dengan Bulan Penimbangan Balita

Tuh, ternyata ada 1, 2, 3 … 9 hari di Bulan April yang diperingati sebagai bagian dari ranah kesehatan. Yang sebelumnya bahkan tidak pernah saya sadari. Sebenarnya, apa sih manfaatnya mengingat atau memperingati hari-hari seperti itu? Ternyata ada beberapa fungsi memperingati hari-hari nasional atau internasional ini, yaitu:

1.Mengingat sejarah

Biasanya tanggal yang dipilih untuk diperingati merupakan tanggal yang penting secara sejarah. Seperti hari hemofili di atas, yang merupakan penghargaan terhadap Frank Schnable sebagai pendiri WFH.

2. Memaknai Hari sesuai Tema

Setiap tahun tema peringatan hari-hari tadi biasanya berubah-ubah, disesuaikan dengan poin yang menjadi fokus perbaikan atau perkembangannya. Jadi tindakan yang akan dilakukan terkait hari yang diperingati akan sesuai dengan tema yang ditentukan.

3. Sebagai pengingat untuk berkontribusi

Hari-hari penting tadi tentu tak cuma selintas saja berlalu, tetapi merupakan pengingat buat kita sebagai bagian dari masyarakat tentang hal penting yang diperingati. Seperti hari malaria, membuat paham bahwa ada penyakit malaria di tengah-tengah kita. Sehingga kita bisa ikut berkontribusi untuk mengendalikannya agar tidak membahayakan kondisi negara dan bangsa.

Nah, itu sedikit penjelasan mengenai hari-hari terkait kesehatan yang diperingati di Bulan April ini. Semoga kita bisa sama-sama memaknai setiap harinya agar bisa ikut berkontribusi demi kemaslahatan bersama

Referensi:

  1. ___, “Daftar Hari-hari Besar Nasional dan Internasional”. Dilihat pada tanggal 18 April 2021 <https://dishub.kukarkab.go.id/pages/daftar-hari-hari-besar-nasional-dan-internasional>
  2. Erilia, Erika. 2020. “Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Januari-Desember 2021” tirto.id. 17 Desember 2020. Dilihat pada tanggal 18 April 2021. <https://tirto.id/daftar-hari-besar-nasional-dan-internasional-januari-desember-2021-f8ho>
  3. ___, “Hari Penting” perpusnas.go.id. dilihat pada tanggal 18 April 2021. <https://www.perpusnas.go.id/directory.php?lang=id>

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply