3 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Jiwa Selalu Segar

3 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Jiwa Selalu Segar

Tidak ada satu pun yang kekal di dunia ini. Sehingga tak perlu bersusah hati bila musibah terjadi. Juga jangan gembira berlebihan saat nikmat menghampiri. Cukup menata sabar dalam menerima derita atau duka. Serta selalu bersyukur atas semua suka dan bahagia yang dirasa.

~ Alifadha Pradana ~

Pernahkah melihat seseorang yang berusia hampir setengah abad, tetapi penampilannya tampak lima, sepuluh tahun lebih muda? Atau bahkan terlihat seperti orang dengan penampilan separuh usianya?

Percaya atau tidak, saya pun kerap diduga seperti itu. Tidak ada yang percaya bahwa saya seorang jelita — jelang lima puluh tahun. Atau mendekati lolita — lolos lima puluh tahun. 😀

Nah, kali ini Saya ingin menceritakan beberapa tips yang saya lakukan, untuk memiliki penampilan seperti ini. Mau tau atau mau tau banget?

Mengendalikan Asupan Makanan

Langkah pertama untuk menjaga supaya tubuh tetap sehat, adalah dengan mengendalikan asupan makanan sesuai dengan yang dibutuhkan. Bahasa gaulnya sih, diet. Tetapi, bukan berarti menurunkan berat badan, ya.

Baca juga : Diet, yuk.

Dengan mengendalikan atau mengatur apa yang kita makan, akan membuat berat badan tetap ideal dan stabil. Yang tentunya akan mencegah juga penyakit-penyakit yang berhubungan dengan berat badan berlebih, seperti jantung, diabetes mellitus dan masih banyak yang lainnya.

Mengendalikan asupan makanan juga dimaksudkan untuk mengatur makanan yang dikonsumsi agar bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Artinya kandungan gizi makanan Kita sehari-hari harus seimbang.

Mengatur asupan makanan ini, selalu saya lakukan. Meskipun tidak secermat ahli gizi, saya terus berusaha memenuhi aturan ini.

Jadi berbeda dengan orang Indonesia umumnya yang menganggap belum makan jika belum makan dengan nasi putih, saya selalu menganggap bahwa makan 1 porsi bakso sama dengan makan 1 porsi nasi lengkap dengan lauk dan sayur. Begitu juga dengan porsi burger, buat saya setara dengan porsi sekali makan.

Mungkin untuk para ahli gizi atau pelaku diet lain, anggapan saya di atas, sama sekali tidak ideal bahkan dianggap kontriversi. Tetapi, itulah praktek diet yang saya lakukan selama ini. Hasilnya, berat badan saya stabil dan BMI (body mass index) saya normal di angka 22,7

Menjalani Gaya Hidup Sehat

Y

Mungkin banyak di antara pembaca yang sudah tahu, bahkan hapal dengan PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang masih sering menjadi tagline promosi kesehatan

Nah, sebagai seorang yang bekerja di ranah kesehatan, selain familiar dengan PHBS saya juga berusaha untuk menjalaninya sebaik mungkin. Meskipun mungkin tidak semua poin dilakukan sempurna. Di antara

Saya — juga suami dan putra semata wayang — tidak ada yang merokok. Bahkan tidak merokok menjadi salah satu syarat saya, saat menerima lamaran suami dulu.

Di kantor dan mana saja, saya selalu mengingatkan teman dan rekan untuk berhenti merokok atau paling tidak mengurangi rokok Sampai sekarang, di rumah kami tidak pernah menyediakan asbak, sebagai tanda bahwa kami tidak welcome menerima tamu yang perokok.

Menjaga Kesegaran jiwa dengan Prinsip Lillah

Langkah terakhir adalah menjaga Kesegaran jiwa, yang dilakukan dengan Prinsip Lillah..

Untuk mengetahui Prinsip Lillah, teman-teman bisa membacanya di flyer di bawa Ini.

Jadi, itulah tiga langkah untuk menjaga tubuh tetap Sehat dan jiwa tetap segar. Teman-teman bisa memilih langkah terbaik yang bisa dilakukan.

Go healthy …

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply