Tetap Sehat dengan Mengetahui Jam Kerja Organ Tubuh

Tetap Sehat dengan Mengetahui Jam Kerja Organ Tubuh

Setiap individu memiliki mekanisme internal dalam tubuhnya untuk mengatur aktivitas organ supaya bekerja optimal. Mekanisme 24 jam yang dikenal juga dengan sistem sirkadian — sistem yang memastikan keoptimalan kerja organ tubuh sepanjang hari. Tubuh mengatur organ mengenai waktu bekerjanya, kapan membutuhkan makanan, waktu yang paling baik untuk beristirahat dan saat yang tepat buat berolahraga. Jika sedikit saja mekanisme ini terganggu, maka bisa berdampak negatif pula untuk kesehatan kita. Jadi, mengetahui jam kerja tiap organ dalam tubuh merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mereka supaya tetap bekerja optimal. Yuk, kita simak bareng.

✳️✳️✳️✳️✳️✳️✳️✳️✳️✳️

Jantung

Jam 11:00 – 13:00 merupakan jam kerja organ jantung. Hindari panas berlebih dan olah fisik, terutama bagian yg ada keluhan di pembuluh darah, sebab pada waktu ini jantung sedang bersifat panas. Sehingga melakukan olah Fisik akan meningkatkan panas jantung sehingga bisa membahayakannya.

Jam 23:00 – 01:00 Jantung sedang dalam kondisi lemah. Sehingga pada waktu ini saatnya beristirahat untuk memulihkan energi tubuh.

Liver/Hati

Jam 01:00 – 03:00 hati/liver berada dalam kondisi kuat, sebab periode ini merupakan jam kerja hati/liver. Dalam liver/hati akan tejadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Ini saatnya terjadi regenerasi sel hati. Sangat disarankan pada jam ini kita sudah menghentikan semua aktivitas tubuh dan saatnya untuk tidur.

Jika waktu-waktu ini dilewati, misalnya karena kita sering begadang, pada awalnya memang tidak akan terjadi gangguan yang berarti. Tapi dampaknya baru terlihat dalam jangka panjang. Misalnya pada pukul 11 malam seharusnya kita sudah tidur tapi masih bekerja, bahkan masih memasukkan masakanan ke dalam tubuh. Yang terjadi adalah gangguan pada fungsi kerja hati dan mengacaukan metabolisme tubuh. Ini karena saat hati sedang mengeluarkan racun, kita justru memasukkan makanan dan membuat organ hati bekerja memecah gula untuk dijadikan energi. Terjadilah kekacauan sistem kerja organ hati. yang rentan mengalami gangguan hati adalah mereka yang sering begadang dan mengonsumsi alkohol.

Organ hati/liver berperan penting dalam pelepasan racun sisa metabolisme. Kalau terganggu tubuh akan keracunan dan mengganggu kerja organ yang lain.

Pada jam 13:00 – 15:00 Liver/hati sedang dalam kondisi lemah. Dengan beristirahat sejenak akan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Sehingga jika mempunyai kesempatan untuk beristirahat siang, periode ini merupakan waktu terbaik untuk melakukannya.

Paru-paru

Jam 03:00 – 05:00 Kondisi paru paru sedang kuat, karena saat inilah waktunya organ tersebut bekerja. Akan terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran di paru-paru. Sehingga kemungkinan dapat terjadi batuk, bersin dan berkeringat bila paru-paru kotor. Tetapi, kondisi ini tidak terjadi pada setiap orang, tergantung keadaanya masing-masing.

Ini juga jam terbaik untuk melaksanakan “Qiyamul lail” bagi muslim dan muslimah. Saat sujud pada jam ini akan mengalir darah yang kaya akan oksigen ke otak tertentu, yang tidak bisa dialirkan darah pada saat sujud di siang hari.

Usus Besar

Jam 05:00 – 07:00 Usus besar dalam kondisi kuat, karena periode inilah jam kerja usus besar. Pada jam ini usus besar melakukan pekerjaanya membuang racun dan soda pencernaan. Jadi, biasakan B.A.B (buang air besar) di jam ini, agar kotoran, racun dan sisa sistem pencernaan dapat dikeluarkan semua.

Ginjal

Jam 17:00 -19:00 merupakan jam kerja ginjal dan berada dalam kondisi kuat. Organ ginjal secara teori Traditional Chinese Medicine memiliki hubungan yang sangat erat dengan pertumbuhan dan perkembangan otak dan Sum-sum tulang belakang manusia. Sehingga pada jam ketjanya ini, ia akan melakukan tugasnya dalam proses pembentukan sumsum tulang dan sel otak. Ini jam terbaik untuk belajar, atau pada bayi dan balita merupakan waktu terbaik untuk tidur guna membentuk dan menumbuhkan sel otak dengan optimal.

Lambung

Jam kerja organ lambung adalah pada jam 07:00 – 09:00 Daya kerja lambungpada waktu ini sedang kuat2-kuatnya. Sehingga dianjurkan untuk sarapan dengan makanan yang bergizi tinggi pada jam ini. Supaya bisa dimetabolisme sempurna.

Sebaliknya, pada jam 19:00 – 21:00 lambung sedang berada dalam kondisi lemah. Diusahakan jangan mengonsumsi makanan padat yang sulit dicerna, atau lebih baik lagi berhenti makan pada periode ini. Sebab apapun yang masuk dalam lambung tidak akan bisa dicerna sempurna, malah akan memperberat kerja lambung, yang pada jangka panjang akan menyebabkan gangguan lambung kronis.

Limpa

Jam 09.00 – 11.00 merupakan jam kerja organ limpa untuk mengirimkan apa yang sudah diserap oleh lambung sebelumnya. Pada periode ini biasanya kita akan merasa lesu dan mengantuk. Sehingga sebenarnya merupakan waktu yang tepat untuk beraktivitas fisik

Sedangkan pada jam 21:00 – 23:00 Limpa berada dalam kondisi lemah. Di sana akan terjadi proses pembuangan racun tubuh dan regenerasi sel limpa. Jika wajah menjadi agak pucat di jam ini, artinya ada gangguan pada organ limpa.

Usus Kecil

Jam 13:00 – 15:00 merupakan jam kerja organ usus kecil untuk memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh, terutama untuk penyaluran dan pengaturan cairan.

Kandung Kemih

Pukul 15:00 – 17:00 merupakan jam kerja dari organ kandung kemih. Artinya organ ini akan menerima cairan sisa dari usus kecil yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Sehingga bila pada periode ini mengalami kesulitan buang air kecil, kemungkinan ada gangguan pada organ ini. Sehingga sebaiknya segera memeriksakan kondisi tubuh yang terjadi untuk menghindari kondisi yang membahayakan tubuh.

✳️✳️✳️✳️✳️✳️✳️✳️✳️✳️

Itulah jam kerja organ sesuai waktu biologisnya. Mengetahui periode-periode ini bisa membantu kita merencanakan jadwal aktivitas sesuai kerja organ terkait, untuk menjaga kondisi organ tubuh kita supaya tetap optimal. Yang pada akhirnya akan menjaga stamina kita tetap optimal juga.

Referensi :

  1. Jam Biologi Kerja Organ Tubuh diunduh dari https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=4250046531733082&id=141694892568287
  2. https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/health/read/2015/09/25/190000023/Jam.Kerja.Organ.Tubuh.Menurut.Pengobatan.Tiongkok
  3. https://www.halodoc.com/artikel/perlu-tahu-jadwal-kerja-organ-dalam-tubuh
  4. https://www.google.com/amp/s/www.smarterhealth.id/cara-kerja-jam-biologis-dan-pengaruhnya-pada-kesehatan/amp
Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Tetap Sehat dengan Kekuatan Pikiran | Belajar EpidemiologiAugust 26, 2021 at 5:23 pmReply

    […] Baca juga: Tetap Sehat Dengan Mengetahui Jam Kerja Organ Tubuh […]

Leave a Reply