Yuk, Kupas Habis yang Perlu Diketahui tentang Berenang.

Yuk, Kupas Habis yang Perlu Diketahui tentang Berenang.

“Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang.”

(HR. An-Nasa’i).

Jika ditanya olahraga yang paling digemari, pasti akan saya jawab, “renang”. Yup, saya suka sekali berenang, walaupun tentu saja tidak setiap hari.

Minimal seminggu sekali, saya agendakan berenang dalam jadwal saya, yaitu setiap Sabtu pagi jam 07.00-09.00 wib. Ngga percaya? Lihat saja agenda Saya untuk Sabtu tanggal 8 September 2021 ini.

Ssssttt … Itu memang jadwal rutin yang saya buat beberapa tahun lalu sebelum pandemi. Kalau sekarang — akibat pandemi — kolam renang tempat Saya biasa berolahraga ini, ditutup. Jadi, selama pandemi, bisa dibilang aktivitas renang Saya berhenti sama sekali.

Sedih, sih. Tapi, gimana lagi. Saya juga takut potensi penularan covid-19 yang bisa terjadi di area publik seperti kolam renang. Berbeda kalau di rumah tersedia kolam renang pribadi. Mungkin Saya bisa berenang 7 kali seminggu. Hahaha, ngayal dikit ah. Siapa tahu suatu hari, impian ini bisa terkabul.

Kenapa Memilih Berenang?

Dulu, alasan Saya menyenangi olahraga renang sebenarnya sepele. Karena berenang kan, harus di lokasi tertentu, yang kebanyakan identik dengan tempat wisata. Jadi, dengan berenang, saya bisa sekalian piknik, gitu. Asyik, kan.

Baca juga : Wisata Air Murah Meriah di Majalengka

Selain itu, Saya sendiri merasa, ketika berenang, seluruh otot tubuh aktif bergerak. Dan dengan gerakan kepala keluar masuk air, bisa menguatkan napas. Artinya akan menguatkan otot paru-paru juga.

Tambah senang lagi — senang berenang maksudnya — Ketika tahu, bahwa renang termasuk kegiatan yang direkomendasikan Rasulullah SAW. (Seperti yang tercantum dalam hadits di atas).

Semua yang Saya urai di atas, memang hanya berdasarkan info yang Saya punya. Jadi, untuk memastikan banyak kebaikan dari olahraga renang ini, akhirnya Saya mencari banyak informasi tambahan tentang renang.

Manfaat Berenang

Banyak yang bisa didapat dari renang, selain manfaat olahraga pada umumnya. Tetapi dengan berenang, ada beberapa manfaat yang tidak dimiliki olahraga lainnya. Yuk, kita cek bareng.

Menurut salah satu artikel dalam laman alodokter.com ada tujuh manfaat renang. Tetapi, sebuah artikel di kompas.com bahkan menjelaskan 16 manfaat renang yang tak bisa diremehkan. Banyak banget, kan?

Beberapa manfaat di antaranya yang sedikit membuat Saya baper dan tambah seuneung dengan olahraga ini, adalah:

1. Melatih Seluruh Otot Tubuh

Manfaat ini sama persis dengan yang saya rasakan. Karena ketika berenang Kita menggunakan semua otot utama tubuh. Mulai dari lengan, kaki sampai perut.

Dengan bergeraknya semua otot tubuh ini, logikanya akan membakar lemak di area-area tersebut sekaligus mengencangkan ototnya juga.

2. Membantu Mengendalikan Stres

Seperti yang Saya ceritakan tadi, bahwa dengan berenang — saya dan keluarga — bisa sekalian piknik. Dan ini benar-benar hiburan yang dapat menghilangkan stres, kan?

Selain itu, sebuah penelitian mengemukakan bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh sehingga membuat kita lebih rileks.

3. Membakar banyak Kalori dalam Tubuh

Renang dianggap olahraga yang dapat membakar banyak kalori. Berenang selama 1 jam, dilansir bisa membakar 500-650 kalori.

Memang, sih, jumlah kalori yang dibakar tergantung dengan berat badan, durasi frekuensi, intensitas dan jenis gerakan yang dilakukan saat renang. Tetapi, tetap saja kalori yang hilang saat berenang, bisa dibilang cukup banyak. Sehingga olahraga ini cocok banget buat mereka yang ingin menurunkan berat badan.

4. Meringankan Radang Sendi

Berenang diketahui dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi, sehingga aman dan justru dianjurkan untuk penderita arthritis. Penelitian lain pun menyebutkan bahwa penderita osteoporosis yang berenang secara rutin dapat mengalami penurunan nyeri sendi.

5. Mengatasi Kondisi Saraf Terjepit

Teman saya ada yang didiagnosis Saraf terjepit. Dan dokter menyarankan untuk pemulihannya dengan berenang.

Saya sendiri tidak tahu persis alasan dari saran tersebut. Tetapi, logikanya dengan berbagai gerakan renang, akan membuat otot punggung dan tulang belakang menjadi lebih santai dan rileks. Sehingga saraf yang terjepit dimungkinkan untuk kembali ke posisinya semula.

6. Baik untuk Ibu Hamil

Sudah merupakan rahasia umum bahwa dengan pertambahan berat badan dan perubahan bentuk tubuh perempuan hamil, sering menyebabkan wanita hamil enggan melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi untuk berolahraga, pasti tambah malas melakukannya.

Namun, karena air akan membantu menahan beban berat kehamilan, olahraga renang bisa menjadi pilihan yang agak meringankan buat Ibu hamil.

Nah, itu beberapa kebaikan yang bisa didapatkan dari olahraga renang yang membuat saya baper. Teman-teman juga baper, kan?

Jadi, yuk kita berenang. Supaya bisa mendapatkan berbagai manfaat yang sudah diuraikan di atas

Referensi:

  1. https://www.orami.co.id/magazine/olahraga-yang-dianjurkan-rasulullah/
  2. https://www.alodokter.com/aneka-manfaat-berenang-untuk-kesehatan
  3. https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/10/050500920/16-manfaat-renang-bagi-tubuh-yang-tak-bisa-diremehkan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

2 Responses

  1. Irene CynthiaSeptember 11, 2021 at 4:07 amReply

    Waaah… ketemu nih yang sama-sama suka berenang 🙂 Semoga corona cepat berlalu dan kita bisa balik ke kolam ya mbak 🙂

    • Author

      Sri PrihatiningsihSeptember 15, 2021 at 3:31 pmReply

      Aamiin.

Leave a Reply