Menjadi Seorang Epidemiolog

Menjadi Seorang Epidemiolog

Setelah membahas tentang definisi epidemiologi pada postingan beberapa waktu lalu, sekarang saya ingin mengajak sahabat untuk memahami dan mendalami profesi seorang epidemiolog.

Sesuai definisi asli yang didasarkan dari kata pembentuknya, epidemiologi adalah ilmu pada/di masyarakat. Yang berarti merupakan ilmu yang mempelajari semua yang bisa terjadi pada masyarakat. Dan ini tidak terbatas hanya pada penyakit atau masalah kesehatan saja. Melainkan dapat lebih luas, sesuai lingkup yang ingin dibahas.

Jadi, dari gambaran tersebut, lingkup apa saja yang menjadi ranah seorang epidemiolog?

A. Seseorang yang menyelidiki masalah penyakit yang terjadi di masyarakat, penyebabnya dan alternatif tindakan untuk menyelesaikan masalah penyakit tersebut.

B. Seorang yang mengamati siklus perkembangan penyakit, perubahannya berdasarkan karakteristik tertentu dan menggunakan hasil pengamatannya untuk membuat produk guna mengendalikan penyakit dimaksud.

C. Siapa saja yang mengamati fenomena apa pun yang muncul di masyarakat suatu wilayah tertentu, kemudian menyelidiki segala sesuatu yang berhubungan dengan fenomena tersebut dan menggunakannya sebagai antisipasi bila fenomena tadi menimbulkan masalah di masyarakat yang bersangkutan.

D. Sesiapa yang menyelidiki suatu penyakit tertentu yang sedang berjangkit di suatu wilayah, kemudian melakukan percobaan ilmiah guna membatasi perkembangan penyakit tersebut.

E. Siapa pun yang mampu dan punya kewenangan untuk mengamati berbagai hal yang terjadi pada masyarakat, yang berkaitan dengan perubahan populasinya.

Dan mungkin masih banyak lagi lingkup bidang epidemiologi yang bisa menjadi ranah perhatian seorang epidemiolog. Karena kata-kata “yang terjadi di masyarakat” punya konteks yang amat luas. Bisa jadi, keluasan konteks ini lah yang membuat bidang epidemiologi kemudian dibagi menjadi beberapa sub ilmu.

Jadi, tunggu apa lagi? Dari penjelasan saya tadi, mungkin ada bagian dari bidang epidemiologi yang menarik minat sahabat untuk ditekuni. Tinggal kuatkan tekad dan fokus mendalami ilmu-ilmu penunjangnya untuk menjadi seorang epidemiolog, khususnya epidemiolog kesehatan

Referensi :

  1. https://aguspublichealth.blogspot.com/2016/12/tugas-seorang-ahli-epidemiologi.html
  2. http://jabatanfungsional.com/kompetensi-jabatan-fungsional-epidemiolog-kesehatan/
  3. https://www.paei.or.id/standar-profesi-epidemiolog-kesehatan/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply