Yuk, Bersama Kita Melawan Covid-19

Yuk, Bersama Kita Melawan Covid-19

Ada yang sedang berubah di negara Kita. Ternyata 2 orang yang dilaporkan sebagai kasus pertama, berlipat-lipat jumlahnya menjadi 2.490 kasus saat jurnal ini di-publish. Itu artinya rata-rata terjadi 71 kasus baru setiap hari. Sungguh lonjakan dahsyat yang menggambarkan tingginya tingkat penularan Covid-19 ini. Meskipun dengan padatnya penduduk Indonesia, seharusnya kondisi ini sudah bisa diperkirakan sebelumnya.

Meskipun angka kematiannya masih terhitung tinggi di Indonesia, yaitu sekira 8,4%, tetap bukan itu masalah utamanya. Dengan minimnya sarana dan prasarana kesehatan, kondisi kepadatan penduduk tadi plus regulasi pemerintah yang terkesan kurang tegas, merupakan beberapa penyebab masih tingginya angka penularan Covid-19 di negara ini. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengendalikan penularan Covid-19 di sini?

Sebenarnya ada banyak cara. Namun butuh peran serta dari berbagai komponen bangsa untuk mengambil peran masing-masing, berkontribusi memutus mata rantai penularan penyakit ini.

1.Pemerintah

Menjadi kewajiban pemerintah untuk mengeluarkan regulasi yang mengatur pergerakan orang yang berisiko, supaya tidak menularkannya kepada yang lain. Dan itu butuh ketegasan serta solusi untuk menutupi kerugian akibat pembatasan pergerakan tadi.

Selain itu, merupakan tanggung jawab pemerintah pula untuk menjamin ketersediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pengendalian Covid-19 ini.

Memang tidak mudah dan tidak murah juga untuk melakukan tanggung jawab tadi. Namun kecepatan dalam menanggapi kebutuhan yang urgent tadi, sangat mempengaruhi percepatan penanggulangannya pula. Tinggal keputusan para pengambil kebijakan itu yang akan menentuka, apakah akan serius menanganinya atau diserahkan kepada peran serta masyarakat.

2. Tim Kesehatan

Tidak dipungkiri mereka ini lah yang merupakan petugas garda depan dalam Penanggulangan Covid-19. Dan meskipun tenaga medis dan paramedis yang berperan penting dalam merawat dan mengobati para penderita, tidak bisa dilupakan pula peran tenaga kesehatan lainnya. Sebab, mereka lah yang membantu menentukan status daerah terhadap risiko penularan Covid-19.

Adalah penting untuk memastikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan mereka dalam menjalankan tugasnya, selalu tersedia. Dan itu bisa jadi tugas pemerintah sekaligus pengusaha dan masyarakat luas. Juga kepastian regulasi mengenai jaminan kesejahteraan terhadap diri dan keluarga para pahlawan kesehatan ini.

Sumber Gambar : Flyer Social and Physical Distancing (by Iyie)

3. Masyarakat

Komponen ini lah yang sesungguhnya paling banyak berkontribusi dalam meningkatkan atau memutuskan penularan.

Kok, bisa?

Benar. Sekali masyarakat memutuskan taat pada himbauan social dan physical distancing maka, penularan penyakit akan berkurang bahkan berhenti. Begitu juga sebaliknya.

Sehingga penting bagi para pengambil kebijakan untuk menyampaikan pentingnya tindakan ini disertai dukungan yang sungguh-sungguh pula supaya masyarakat bisa mematuhi aturan social dan physical distancing tadi.

Nah, jadi sudah jelas ya, peran masing-masing komponen dalam mengendalikan Covid-19 ini. Kita pasti bisa keluar sebagai pemenang asal bersatu padu dan saling mendukung untuk kebaikan bersama.

Yuk, Kita saling berkontribusi.

#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatan
#institutibuprofesional

Referensi :

  1. Berbagai pedoman tentang Pengendalian Covid-19
  2. Canva Dan PicsArt
  3. Pengalaman sendiri

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply