Sehat dengan Berpuasa

Sehat dengan Berpuasa

Mungkin ada yang merasa aneh dengan judul artikel ini. Kok bisa, sehat dengan berpuasa? Tentu saja bisa. Nanti Kita akan temukan bahwa banyak hal dari berpuasa yang punya efek menyehatkan tubuh. Yuk, Kita bahas bersama.

Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Puasa dalam syariat Islam adalah menahan diri dari makan dan minum dan hal-hal yang membatalkan puasa, sejak subuh hingga matahari terbenam.

Sebenarnya tradisi puasa ini juga dimiliki oleh beberapa agama lainnya, meskipun dengan ritual yang berbeda. Tapi, esensinya hampir sama saja, yaitu tidak makan dan minum selama beberapa waktu.

Secara sederhananya berpuasa berarti Kita berhenti selama beberapa waktu untuk memasukkan makanan maupun minuman dalam tubuh. Namun di balik proses ini, sesungguhnya Kita sedang menempuh proses lain yang lebih dahsyat. Apa saja sih fungsinya?

1.Memberi waktu bagi organ vital untuk beristirahat

Menurut para pakar kesehatan, jika ingin organ tubuh bekerja lebih optimal, secara berkala beri mereka waktu untuk beristirahat. Jadi, dengan berpuasa, organ tubuh yang biasanya bekerja tak kenal henti, akan mendapat kesempatan beristirahat dan memulihkan kinerjanya, sehingga bisa berfungsi optimal saat waktunya tiba untuk kembali bekerja.

Logika sebenarnya sama seperti diri kita sendiri. Jika terus menerus diforsir bekerja tanpa istirahat sama sekali, tentu Kita pun akan mudah sakit dan tidak bisa melaksanakan tugas dengan optimal. Begitu juga dengan organ di dalam tubuh. Kalau mereka dipaksa berfungsi terus menerus tanpa istirahat, tentu pada akhirnya tidak akan sesempurna bila diberikan istirahat secara berkala.

Tentu saja istirahat di sini bukan berarti mereka akan berhenti bekerja, melainkan hanya memulihkan energi untuk bisa bekerja lebih baik saat berfungsi seperti biasa.

Jadi, ketika Kita berhenti – meski hanya untuk beberapa jenak, dalam memberi asupan makanan dan minuman untuk tubuh, itulah saat di mana organ dalam tubuh Kita bisa beristirahat dari fungsinya yang biasa. Sehingga diharapkan bisa bekerja lebih optimal setelahnya.

2. Memperbaiki Sistem Organ

Karena sistem pencernaan berkaitan dengan berbagai sistem lainnya dalam tubuh Kita, sehingga perbaikan pada sistem pencernaan otomatis akan memperbaiki sistem yang lainnya pula.

Jadi dengan mengistirahatkan organ pencernaan, akan menyebabkan perbaikan pada banyak sistem organ lainnya, seperti metabolisme melambat, menurunkan kadar gula darah, melambatkan kerja jantung, meregenerasi sel yang rusak dan banyak perbaikan organ yang hanya berlangsung saat seseorang berpuasa.

3. Sebagai Terapi Kesehatan Jiwa

Ketika berpuasa – khususnya di Bulan Ramadhan, umat Islam terbiasa melaksanakan banyak agenda sosial, berbuka puasa bersama, berbagi kepada sesama umat dan banyak kegiatan lainnya. Aktivitas-aktivitas tersebut akan memberikan kepuasan dan kebahagiaan dalam diri masing-masing orang, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesehatan mental pelakunya.

Selain itu, berdasarkan beberapa hasil penelitian, saat seseorang berpuasa, ia akan meningkatkan produksi enzim-enzim pada otak yang meniru efek obat anti depresan. Sehingga hal ini tentu saja akan menurunkan tingkat stress, kecemasan dan depresi.

Puasa juga dapat membantu memperbaiki kondisi kecemasan. Sehingga banyak dokter menyarankan puasa sebagai alat terapi untuk mengobati depresi dan gangguan suasana hati.

4. Membuat Awet Muda dan Panjang Umur

Waah, benarkah puasa bisa membuat Kita awet muda dan Panjang umur?

Sejumlah studi menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan kadar hormon pertumbuhan secara alami. Hormon penting ini dapat memengaruhi pertumbuhan, regenerasi sel, metabolisme, penurunan berat badan dan kekuatan otot.

Dengan terjadinya regenerasi sel ini, akan membuat sel-sel pembentuk organ tubuh kita menjadi lebih muda. Sehingga akan bisa berfungsi lebih lama lagi.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan terhadap hewan percobaan, tikus yang diberlakukan puasa, 83% hidup lebih lama dibanding tikus lain yang tidak puasa. Meskipun masih terbatas pada hewan percobaan, penelitian ini memberi gambaran, bahwa berpuasa akan membuat usia organ lebih panjang sehingga diharapkan membuat umur harapan hidup akan lebih tinggi.

Jadi, ternyata bisa ya sehat dengan berpuasa. Apalagi berpuasa sesuai dengan tuntunan agama. Ibadah sukses ditunaikan, efek baik dari puasa pun berhasil didapatkan.

Referensi :

  1. 17 Manfaat Puas bagi Kesehatan dari https://www.google.com/amp/s/doktersehat.com/manfaat-puasa-untuk-kesehatan/amp/
  2. 20 Health Benefits of Fasting for Whole Body Wellness dari https://globalhealing.com/natural-health/health-benefits-of-fasting/
  3. 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental dari https://health.kompas.com/read/2020/04/26/033000568/4-manfaat-puasa-untuk-kesehatan-mental?page=all#page2

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply