Kewaspadaan Dini dan Respon Cepat untuk KLB dan Kejadian Kesehatan Masyarakat Lainnya

Kewaspadaan Dini dan Respon Cepat untuk KLB dan Kejadian Kesehatan Masyarakat Lainnya
Sumber Gambar : WHO Searo

Panduan yang aslinya berjudul “Early Warning and Response to Outbreaks and other Public Health Events : A Guide” ini dipublikasikan pertama kali pada tahun 2008 oleh WHO untuk Regional Asia Tenggara.

Jadi sebenarnya ini untuk konsumsi negara-negara di Asia Tenggara seperti Bangladesh, Bhutan, Democratic People’s Republic of Korea, India, Indonesia, Maldives, Myanmar, Nepal, Sri Lanka, Thailand dan Timor-Leste, ketika terjadi sesuatu yang dicurigai sebagai KLB.

Panduan yang ditulis dalam Bahasa Inggris ini menjelaskan mengenai pentingnya peringatan dini dan respons (EWAR) terhadap setiap kejadian kesehatan yang ada di masyarakat. Di mana dijelaskan mengenai kegunaan EWAR, poin-poin yang harus ada, juga langkah-langkah yang bisa dilakukan setiap level masyarakat untuk melaksanakan EWAR.

Di sana juga dijelaskan tentang cara menentukan sinyal untuk peringatan dini bebereapa penyakit penting yang memang potensial untuk menimbulkan KLB di wilayah Asia Tenggaran ini.

By the way, untuk download full PDF nya, bisa diklik link di bawah ini.

http://bit.ly/Early_Warning_And_Response_To_Outbreak_And_Other_Public_Events

Sedangkan jika ingin mendapatkan edisi terjemahannya, silahkan tinggalkan komentar dan emailnya di kolom komentar postingan ini

Referensi :

  1. http://www.searo.who.int/en/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply