Menjadi Bagian dari Tim Gerak Cepat

Menjadi Bagian dari Tim Gerak Cepat

Sebagai seorang Epidemiolog apalagi bertugas di seksi yang membidangi masalah pencegahan dan pengendalian penyakit, maka salah satu efeknya, pasti akan terlibat dan menjadi bagian dari tim-tim penanganan penyakit indikasi KLB atau bencana dan masalah Kesehatan lainnya. Salah satu jenis timnya adalah Tim Gerak Cepat (TGC)

Tim Gerak Cepat (TGC) sebenarnya merupakan peralihan nama dari Tim Reaksi Cepat (TRC). Yaitu Tim yang langsung merespon atau bereaksi cepat terhadap informasi apa pun yang sedang terjadi di masyarakat, yang diindikasikan sebagai KLB atau bahaya dan bencana.

Seperti itu juga yang terjadi pada Saya. Sejak kembali bergabung di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit, saya selalu terlibat dan menjadi bagian dari tim inti dalam melakukan pengendalian terhadap kasus yang diindikasikan KLB atau masalah Kesehatan yang menjadi bencana. Ada beberapa kasus yang termasuk kriteria ini yang pernah ditangani di kota kami, seperti Difteri, keracunan makanan dan terakhir Covid-19

Dari beberapa bagian yang menjadi tanggung jawab Tim TGC, Ada beberapa jenis peran yang biasanya menjadi tanggung jawab saya ketika tergabung dalam TGC. Di antaranya yaitu:

1.Bagian PE

Bagian PE atau Penyelidikan Epidemiologi merupakan bagian yang bertugas melakukan kunjungan atau tracking terhadap kasus penyakit atau masalah Kesehatan. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan bahwa benar terjadi peningkatan kasus dimaksud dan berapa besaran masalahnya.

Sebenarnya poin penting penanganan KLB atau bencana, adalah data yang didapatkan saat melakukan PE ini. Jika saat PE keliru mengumpulkan data, akan keliru pula analisa serta rekomendasi yang diberikan.

Jadi sebagai bagian dari Tim PE, Kita harus memastikan visit dan misi serta kemampuan yang dimiliki semua Tim terhadap tindakan yang sedang dilakukan harus sama. Supaya tidak terjadi miskomunikasi dan kesalahan informasi yang fatal.

2. Bagian Sampel

Salah satu bagian yang ada dalam Tim TGC biasanya adalah bagian sampel. Yaitu divisi yang bertanggung jawab dalam penanganan dan pengepakan sampel sebagai bahan pemeriksaan untuk memastikan penyakit yang sedang meningkat kasusnya.

Tim sampel juga yang bertanggung jawab untuk memastikan bahan pemeriksaan ini tidak tertular satu dengan lainnya. Sebab bila 1 saja tetukar, bisa menyebabkan kesalahan penanganan.

3. Bagian Pemeriksaan

Bagian Pemeriksaan di sini maksudnya adalah melakukan pemeriksaan terhadap orang-oranh yang kontak dengan tersangka atau malah kasus yang sudah terkonfirmasi.

Saat pandemi covid ini lah pertama kalinya saya merasakan menjadi bagian dari Tim pemeriksaan ini. Resikontinggi sudah pasti. Karena itu alat perlindungan diri yang digunakan benar-benar lengkap. Agar setiap petugas bisa diminimalisir kontaknya dengan kasus.

Demikian refleksi dalam perjalanan hidup saya sebagai seorang Epidemiolog. Yang semoga selalu bisa bermanfaat buat masyarakat.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply