Bersahabat dengan Penyakit

Bersahabat dengan Penyakit
Sumber Gambar : Shutterstock.com

Agak aneh ya, dengan judul di atas? Kenapa harus bersahabat dengan penyakit? Kan, seharusnya penyakit dijauhi, supaya tidak mengganggu kenyamanan hidup kita.

Memang, penyakit sebenarnya sesuatu yang mengganggu. Bahkan, teramat sangat menyusahkan. Tapi, bagaimana supaya penyakit tidak menghampiri kita? Apakah mungkin untuk sama sekali menghindar darinya?

Sepertinya, itu suatu hal yang teramat sulit dilakukan, jika tidak bisa dibilang khayanyal.

Lho, kenapa bisa disebut khayalan?

Coba deh, pikirkan. htanBadan Kesehatan Dunia – WHO, sehat adalah kondisi fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan. (Health is a state of complete physical, mental and social well-being not merely the absence of disease or infirmity)

Dari definisi di atas, berarti orang yang tidak sehat bukan hanya mereka yang ada di rumah sakit. Atau orang yang memeriksakan dirinya ke pelayanan kesehatan. Melainkan termasuk mereka yang menggunakan alat bantu penglihatan, misalnya. Juga orang yang menderita kesulitan tidur dan depresi atau sesepele kelelahan.

Jadi, masih yakin bahwa anda sehat? Padahal baru beberapa hari lalu tekanan darah anda drop, karena kelelahan. Atau, sekarang sedang menggunakan kacamata minus atau plus.

Nah, untuk menghindar sama sekali dari kondisi “sakit” ini memang sulit. Tetapi, kita bisa meminimalisir penyakit-penyakit yang “mampir” ke tubuh kita. Bagaimana caranya?

Ya, itu… sesuai judul artikel ini, “bersahabatlah dengan penyakit”. Karena layaknya bersahabat dengan manusia, kita akan berusaha mencari tahu, apa yang disenangi penyakit dan apa yang dibencinya. Kondisi seperti apa yang membuatnya betah di tubuh kita dan apa yang menjadikannya menjauh.

Jadi, jangan salah mengerti, ya. Bersahabat dengan penyakit bukan berarti kita ingin dekat-dekat dengannya. Melainkan supaya bisa menghindari kondisi yang membuat penyakit mudah mendekati kita.

Yuk, bersahabat dengan penyakit….

  1. https://www.who.int/about/who-we-are/frequently-asked-questions
  2. https://pengertianahli.id/2013/10/pengertian-sehat-menurut-ahli-who.html
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Health

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply